Senin, 10 April 2017

Pemasaran

Kompetensi Keahlian Pemasaran merupakan kompetensi keahlian yang menyiapkan tenaga pelaksana yang profesional di bidang bisnis (dunia usaha),  mengembangkan sikap kewirausahaan, serta menjadikan warga negara yang produktif, adaptif, selektif, dan kreatif.
A. Visi
Terwujudnya Kompetensi Keahlian Pemasaran yang berkualitas dan religius di bidang bisnis dan manajemen untuk menanggapi persaingan di era global.
B. Misi
  1. Membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang bermartabat serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membangun institusi tangguh dan kondusif yang berbasis kerjasama dengan berbagai pihak.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Kompetensi Keahlian Pemasaran berbasis kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/ dunia industri.
  4. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional di bidang bisnis dan manajemen, mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Menjadikan sekolah sebagai pusat uji kompetensi dan sertifikasi Kompetensi Keahlian Pemasaran.

C. Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran
Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran secara umum mengacu pada isi undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tetentu.
Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
1.    Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;
2.    Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
3.    Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
4.    Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
5.    Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
6.    Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
7.    Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap agar  Kompeten :
a. Menerapkan prinsip profesional Bekerja
b. Melaksanakan Komunikasi bisnis                               
c. Menerapkan  Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja dan Lingkungan Hidup ( K3LH).
d. Memahami prinsip-prinsip bisnis                              
e. Menata Produk.
f.  Melaksanakan negosiasi
g. Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
h. Melaksanakan proses administrasi transaksi
i.  Melakukan penyerahan/ pengiriman pruduk
j.  Melaksanakan penagihan pembayaran
k. Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi Penjualan
l.  Menemukan peluang baru dari pelanggan
m. Melaksanakan pelayanan prima (service)
n. Membuka usaha eceran/ ritel (expansion)
o. Melakukan pemasaran barang dan jasa

D. Kurikulum
 STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK
BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM  KEAHLIAN TATA NIAGA

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
KELOMPOK A (WAJIB)






1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4
Matematika
4
4
4
4
4
4
5
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
6
Bahasa Inggris
3
3
3
3
3
3
Jumlah jam kelompok A
18
18
18
18
18
18
KELOMPOK B (WAJIB)






1
Seni Budaya (termasuk muatan lokal)
2
2
2
2
2
2
2
Prakarya dan Kewirausahaan
2
2
2
2
2
2
3
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
3
3
3
3
3
3
Jumlah jam kelompok B
7
7
7
7
7
7
KELOMPOK C






C1. Dasar Bidang Kejuruan






1
Pengantar Ekonomi dan Bisnis
2
2
2
2
-
-
2
Pengantar Administrasi Perkantoran
2
2
2
2
-
-
3
Pengantar Akuntansi
2
2
2
2
-
-
Jumlah jam kelompok  C 1
6
6
6
6
0
0
C2Dasar Kompetensi Kejuruan Pemasaran






1
Analisa dan Riset Pasar
3
3
-
-
-
-
2
Perencanaan Pemasaran
3
3
-
-
-
-
3
Pengelolaan Usaha Pemasaran
3
3
-
-
-
-
4
Strategi Pemasaran
3
3
-
-
-
-
5
Pemasaran On-Line
3
3
-
-
-
-
6
Simulasi Digital
3
3
2
2
-
-
Jumlah jam kelompok C2
18
18
2
2
0
0
C3.Paket Keahlian Pemasaran






1
Prinsip-Prinsip Bisnis
-
-
2
2
4
4
2
Pengetahuan Produk
-
-
2
2
4
4
3
Penataan Barang Dagangan
-
-
3
3
3
3
4
Komunikasi Bisnis
-
-
3
3
3
3
5
Administrasi Barang
-
-
2
2
2
2
6
Administrasi Transaksi
-
-
2
2
4
4
7
Pelayanan Penjualan
-
-
2
2
4
4
Jumlah jam C3
0
0
16
16
24
24
D. Muatan Lokal






1
Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2

Jumlah Jam D
2
2
2
2
2
2
E. BP/BK






1
BP/BK
1
1
1
1
1
1

Jumlah Jam E
1
1
1
1
1
1

Jumlah Total A + B + C + D + E
52
52
52
52
52
52



EmoticonEmoticon